Jumat, 18 Oktober 2013

Pengalaman,Perjalanan,Perjuangan dan Kehidupan Baru. Part 1

Setelah sekian lama pensiun dari dunia Blogger , akhirnya saya punya kesempatan kembali untuk memberikan informasi-informasi dan pelajaran yang pernah saya alami selama menjadi praja IPDN angkatan XXI , dari mulai menjadi Capra(Calon Praja) , lalu setelah dikukuhkan menjadi MUDA PRAJA , kami berangkat menuju tempat Pelatihan Militer di Cipatat , selama -+ 3 minggu di Cipatat telah embentuk mental kami menjadi seorang Praja IPDN yang tangguh dan siap melaksanakan pendidikan dimanapun nantinya .
 Dan setelah selesai Latsar Mendispra (Latihan Dasar Mental Disiplin Praja) , kami kembali ke Lembah Manglayang , kawasan Candradimuka untuk melaksanakan tugas menjadi Praja IPDN.
Selama 1 semester , kami melaksanakan Pendidikan di Lembah Manglayang , akhirnya sampai juga kepada perpisahan pertama angkatan kami. Pembagian Kampus Daerah atau yang lebih dikenal dengan Pembagian Regional.Pada saat itu kami dikumpukan didalam Gedung Balairung Rudini  ,dan berbaris sesuai dengan kelas . Pada saat itu saya ada di kelas F.4 fakultas PolitikPemerintahan , dan setiap Regional telah dibacakan nama-nama praja yang akan berangkat ke kampus tersebut.

Setiap Regional telah dibacakan bahkan seseorang yang saya selalu perhatikan telah dibacakan namanya berangkat ke Kampus Manado , saya bingung , kenapa nama saya tidak ada di Regional Manapun , entah harus Bahagia atau sedih , bahagia karena saya tetap di Kampus Pusat Jatinangor , dan sedih karna seseorang yang saya perhatikan sejak dulu berangkat ke Regional Manado , bias dibilang pake bahasa keren saat ini , GALAU.

Saya bingung , lalu saya bertanya kepada Kakak Angkatan saya dari 1 asal pendaftaran , "Apakah saya boleh Regional ?" lalu kakak saya menjawab "Kenapa memangnya , kamu ga mau disini ?" dengan suara lantang saya menjawab " Siap saya mau da(panggilan untuk senior) , cuma saya ingin menjaga "DIA" disana ." Lalu dengan senyum kakak saya menjawab , " Ouw itu ya alasannya , terserah kamu aja lah , mana yang baik aja ". mendengar itu saya langsung mengucapkan terima kasih kepada Kakak saya. terima kasih uda .

Malam menjelang keberangkatan , saya mencari teman yang mau tetap dinangor dan saya yang berangkat ke Kampus Regional Manado , Jujur , niat saya bukanlah untuk jauh dari senior , tapi untuk menjaga sesuatu yang harus saya jaga dan perjuangkan selama ini.dan juga untuk menambah pengalaman saya nantinya.Kita tidak tau apa yang ada didaerah bagian Timur sana. Dan juga kapan lagi saya  bisa menginjakan kaki di Pulau Sulawesi dan Sekitarnya.

Akhirnya saya mendapat seorang teman yang mau bertukar dengan saya , saya tidak sendiri , saya mengajak salah satu Kontingen saya untuk ke Regional Manado.kai berdua menggantikan posisi teman kami yang belum siap untuk ditempatkan di Regional Manado. Dan Kami SIAP !!!

Tepat pukul 23.45 WIB , 15 menit lagi Rombongan Regional Manado akan segera berangkat ,saya pamit kepada teman-teman di wisma NTB , saya pamit kepada Senior , dan saya segera menuju Posko Pelayanan Nusantara ( Posko Manggala ) ,Saudara saya yang dari 1 Pendaftaran membantu membawakan barang-barang saya ke Posko Manggala  dan segera naik ke Bis yang akan membawa kami Keluar Provinsi Jawa Barat , berangkat ke Jakarta , bandara Soekarno Hatta , sedih , semua selalu terkilas didalam ingatan saya , apalagi saya belum memberitahukan kepada Orang Tua saya kalau saya bernagkat ke kampus daerah.Karna takut mereka malah marah dan menyuruh tetap kembali ke Jatinangor.

Pukul 05.45 WIB kami sampai di Bandara Soekarno Hatta dan didampingi oleh Pengasuh , kami diberikan tiket dan akhirnya kai segera meninggalkan Pulau Jawa dan menuju Pulau Sulawesi yang masih penuh dengan tanda Tanya di kepala saya.

                                                                                                                          to be continued . . .
 

0 Koment:

Posting Komentar