Minggu, 02 Juni 2013

Cuap – Cuap tentang Pengkaderan yuuukkkk…



Matahari di kampus mulai kembali terik , namun tak berapa lama langit yang di hiasi panasnya api dari langit akan bermatamorfosis menjadi langit kelabu yang di hiasi cahaya kilat yang bisa bikin badan kita meriang , yah begitulah kampus manado . Kampus yang terletak di Kec. Remboken Kab. Minahasa ini merupakan salah satu kampus regional IPDN yang memiliki cuaca ekstrem , But Wait…. Bukan itu yang bakal kita bahas di sini , dari sekian banyak topik hangat yang pastinya bakal seru banget untuk di kupas ( Emangnya buah .. heheh ) ada 1 topik up Date yang akan kita bahas secara lebih mendalam dan faktual yaitu tentang Serunya Pengkaderan di kampus Regional , terutama regional Manado , so let’s chek it out !!!

            Pengkaderan itu saat dimana praja khusunya madya praja , menentukan pilihan untuk 2 tahun ke depan tuh apa sih kegiatan yang bakal kita jalani dan tekuni selama menjadi seorang praja , pengkaderan banyakkkkk banget yang bisa kita pilih , dari misalnya kamu kamu yang berjiwa disiplin tinggi dan mampu memimpin teman teman kamu yang lain ga akan ada pilihan lain yang tepat buat kamu selain Polpra ( Polisi Praja ) atau kamu kamu yang suka banget sama hal hal yang berbau mengayomi teman , jadi teman dan sahabat yang baik kamu pastinya bakalan cocok banget masuk Komando , pokok’e masih banyak lagi jenis pengkaderan yang bisa kamu pilih yang pastinya sesuai sama kepribadian kalian masing masing J
Bukan Cuma pengkaderan Wahana Wyata Praja ( WWP ) yang tersedia di IPDN , ada juga yang namanya penkaderan UKP alias Unit Kegiatan Praja , dan itulah pengkaderan yang sekarang lagi kami jalanin di kampus Reg. Manado ( Redo ) , pengkaderan WWP itu semacam kegiatan wajibnya sedangkan UKP itu semacam ekskulnya , UKP yang tersedia di ipdn sendiri itu sekitar 30-an UKP , tapi sejauh ini baru ada 12 UKP yang aktif di Reg. Manado ( Semoga kedepannya bakal lebih banyak lagi , amiien ) , sekarang masa pengkaderan UKP lagi hangat hangatnya , praja Redo banyak ngelakuain aktivitas yang berhubungan sama pengkaderan itu sendiri , dari ngerjain tugas tugas yang berkaitan sama UKP masing masing , Pengambilan pita ke kakak senior , ngumpul abis menza , tulis surat pernyataan dan aktivitas lainnya yang nunjukin kalo kita madya praja serius masuk UKP pilihan kita itu .
Aku sendiri udah milih 4 UKP yang sesuai sama apa yang Aku mau jalanin selama 2 tahun kemudian waktu aku jadi nindya dan wasana praja ( Loh kok malah curhat ya , hehe.. ) . Pernah denger ga sih ada yang bilang gini “ Tentuin pilihan kamu sekarang , karena apa yang kamu pilih itu adalah perwujudan diri kamu di masa depan “ , pernyataan itu betul banget menurut aku karena UKP apa yang kita pilih itu bukan Cuma sembarangan dan asal coblos tapi itu adalah betul betul pilihan yang menurut kita bakalan eksis kita tekunin .
Terbatasnya pilihan ukp yang tersedia di Reg. Manado ga menyurutkan niat Madya Praja untuk ngambil banyak UKP yang bakal di jalanin , terbukti dari 273 madya praja yang ada di Reg. Manado Cuma segelintir orang aja yang memilih untuk menjadi seorang kader SWAT , itu menunjukkan betapa niatnya madya praja tuh ngikut kegiatan dan gak memilih untuk mantul .
I hope sih dengan adanya pengkaderan WWP dan UKP , praja bakal lebih kreatif dan inovatif lagi , secara juli besok slogannya PNS tu udah berubah udah bukan “ Abdi Negara” lagi tapi “Aparatur Pemerintahan pelayan masyarakat” ga lucu banget kan kalo pas purna praja nanti yang notabene kita bakal jadi seorang PNS kita bodoh bodoh dalam melayani masyarakat . Karena itu , dengan adanya pengkaderan WWP dan UKP  , skill kita bakalan terasah dan bisa jadi bekal yang cukuplah buat kita jadi calon pemimpin bangsa di masa depan , Setuju ga guys … J . semoga aja teman teman ku Madya Praja Ang. XXII yang lagi ngejalanin masa pengkaderan khususnya Reg. Manado tetap serius dalam menjalani masa pengkaderan ini , You Can If you Want , So… Fighting!!! ( Semangat )

MWP.Randhini Mouncuria

(kader APN)

0 Koment:

Posting Komentar