Minggu, 02 Juni 2013

UAS itu Tantangan Yang menarik !!



Hallo rekan-rekan  praja,… 

Yakinkah kalian, saat  tidak ada tantangan atau masalah dalam hidup  kita berada di zona nyaman. Situasi ini kerap kali membuat kita terlena. Sehingga saking terlenanya kita tanpa di sadar kita telah mati. Ironis bukan?..setidaknya ada sesuatu yang membuat hidup kita lebih berwarna. Misalkan tantangan,pergumulan atau tekanan hidup. Saat masalah datang, otomatis naluri kita membuat kita bergerak aktif. Itulah membuat hidup kita akan terasa lebih berwarna. Setujuh bukan? 


Pada tanggal 27 mei 2013 yang lalu seluruh praja kampus Sulawesi Utara melaksanakan upacara bendera seperti biasanya, suatu kegiatan wajib yang dilakukan setiap hari Seninnya. Itulah sebagian aktifitas yang dilakukan oleh  mahasiswa kedinasan, hidup di biayai dan bahkan diberi uang “jajan” oleh negara setiap bulannya, berkuliah dengan memakai seragam lengkap dengan berbagai atributnya,intinya  sekolah kedinasan yang ‘seluruh’ kebutuhannya dibiayai oleh anggaran pemerintah pusat, APBN. Kata orang, kita ini penghisap pajak Negara,pantas saja selalu di sorot tajam apapun yang kita lakukan, karena status penghisap pajak ini.  Never mind whatever people say! .Tapi bukan itu yang mau saya permasalahkan dalam artikel saya ini. Kali ini saya ingin membahas isi amanat inspektur upacara yang berkaitan dengan Ujian Akhir Semester alis UAS. Salah satu tantangan yang menarik bukan?
Bapak Drs.sonny onibala ,pembantu Direktur II bidang perencanaan keuangan IPDN kampus Sulawesi Utara, bertindak selaku inspektur upacara pada senin itu. Beliau, merupakan orang yang cerdas, pekerja keras, bervisi jelas,terhadap segalah pekerjaannya. Amanat terdengar sungguh bijak, sistematis, dan tepat sasaran,minggu ini satuan madya angkatan XXII menyebutkan minggu penuh tantangan,sekaligus minggu Belajar dan minggu Sibuk bagi praja. Karena setelah UAS akan ada lagi pembaretan.keep spirit,guys!  Inti dari amanat yang beliau ucapkan  adalah ‘mengerjakan setiap soal dengan jujur dan tingkatkan prestasimu’ amanat yang klasik tapi sulit di terapkan dalam kehidupan.  Betapa indah sungguh terbayang apabila kita sebagai seorang akademisi, mampu melaksanakan suatu ujian dengan jujur dan kemudian mendapatkan hasil yang berprestasi. Berarti kita telah mampu untuk mendapatkan hasil yang baik. Sebuah bentuk sangat ideal dalam sebuah dunia akademis. Tapi itu hanya sebuah mimpi belaka, Jujur dan Berprestasi seakan menjadi barang yang cukup sulit untuk kita temui. Terkadang atau bahkan sering salah satu dari kata itu harus kita buang, karena tak selamanya yang berproses secara benar ( jujur ) serta merta mendapatkan hasil yang baik ( berprestasi ) dan tidak semuanya yang tidak berproses dengan benar ( tidak jujur ) mendapatkan hasil yang tidak baik ( tidak berprestasi ). Bahkan ada yang secara ekstrem berani memilih untuk bertindak tidak jujur untuk mendapatkan suatu prestasi. Karena realitanya memang terbukti, bahwa bertindak tidak jujur terlihat sangat mudah untuk mendapatkan suatu prestasi yang baik. Dibandingkan dengan mereka yang berlaku jujur, yang terkadang nasib prestasinya kurang memuaskan. Hal ini ditambah dan diperparah dengan kondisi kita, terutama para generasi mudanya yang sudah terdoktrin kehidupan serba instant nan cepat,hanya berharap menantikan jawaban atau hasil dari orang lain . Karena sebuah mindset yang tertanam dalam benak,  bahwa tindakan menyontek dan sebagainya merupakan sebuah tindakan biasa yang bukanlah merupakan sebuah dosa.yang penting setiap soal yang di berikan bisa di jawab,dan mendekati angka kebenaran.      

     Bad idea,guys!  . Karena saat ini kita sudah semakin dekat dan nyata akan berkecimpung dalam dunia kerja, bermasyarakat, dan bernegara. Terlebih terjadi pada kita, selaku praja, anak negara, calon-calon pemimpin bangsa. Tapi ternyata diisi oleh serangkaian proses yang kurang benar dan bahkan tidak benar sama sekali. Secara tidak langsung UAS kita sama saja tak ada artinya,tak menarik dan,tak ada tantangan..benarkan?
Sebuah tantangan, mari kita lihat tentang tantangan


  1. ·         TANTANGAN BAGIAN DARI KEHIDUPAN

            Hidup adalah tantangan .Lihatlah masalah sebagai tantangan. Tantangan ada untuk melatih kedewasaan.kata orang hidup tanpa tantangan bagai sayur tanpa garam  ‘hambar’setuju?... tantangan yang ada dalam hidup manusia merupakan aset yg di miliki manusia.tanpa ada tantangan kemampuan bertahan hidup,maka manusia tak mungkin melewati tantangan itu.pertanyaannya apakah kita bias melewati tantangan itu?


    2  .     CARI SOLUSI BUKAN MERATAPI
Setiap manusia mempunya keterbatasan diri untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada,menempatkan manusia pada tempat yang lemah dan suka mengeluh. Solusi itu berawal dari kemauan diri sendiri focus pada solusi bukan masalah.bergegaslah untuk instrospeksi diri. Maka kita akan di fokuskan pada hal-hal yang positif.bukannya meratapi.

·                 3   .   ADA MAKNA DALAM SETIAP PERISTIWA
            Biasakanlah melihat bahwa pada akhirnya ada suatu kebaikan dalam suatu peristiwa. Sadar bahwa Tuhan menciptakan segalahnya untuk tujuan yang baik. Tak peduli bagaimanapun,kapanpun, atau dimanapun peristiwa itu terjadi,ada kebaikan di balik semua ini.

·              4    .   TUHAN SUMBER PENGHARAPAN
Harapan itu bukan seperti makanan ,minuman,pakaian,karena harapa seperti bahan bakar minyak.Tanpa harapan hidup kita seperti mobil mogok. Apapun tantangan yang kita hadapi nantinya yakinlah bahwa Tuhan sumber pengharapan. Dan jangan sekali-kali sandarkan harapan pada materi .



Ibaratkan sebuah pertandingan ,maka kehidupan ini harus di semangati dan di jiwai oleh makna dari semboyan sportifitas Vini,Vidi,Vici.(saya datang ,saya lihat dan saya menang) . ketika berada dalam sebuah arena pertandingan dan memperoleh kemenangan melalui sebuah perjuangan, disana lahir segalah kepuasan dan kebanggaan,tetapi apakah itu yang terpenting? Yang lebih dari segalah kemenangan adalah keinginan hati untuk bangkit setiap kali jatuh. Itulah kemenangan sejatih,dan kehidupan kita akan lebih berwarna.
                                                                           
                                                                        ……SEKIAN………

MWP.FAMMY VERONICA –NTT.
(kader APN)

0 Koment:

Posting Komentar